Ayo Intip Mobil Listrik Kaliurang UNISI

0

Mobil Listrik Kaliurang UNISI, itulah nama yang diberikan untuk Mobil Listrik Android pertama di Indonesia yang berhasil diciptakan oleh Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Mobil Listrik Kaliurang UNISI

Mobil Listrik Kaliurang UNISI berbeda dengan mobil listrik pada umumnya, yang lebih identik panel-panel yang rumit untuk mengoperasikanya. Namun khusus Mobil Listrik Kaliurang UNISI mempunyai hal yang keren, yaitu dengan Perangkat Android sebagai media untuk mengoperasikanya.

mobil listrik uu 3

Perangkat Android tersebut disematkan ke kemudi mobil yang memiliki fungsi untuk mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai serta entertain kendaraan meliputi wifi, bluetooth, sistem global untuk komunikasi mobile, internet browser, tv analog, map, video/voice call, mp3 player, radio bahkan games.

Mobil Listrik Kaliurang UNISI

Untuk Spesifikasi Mobil Listrik Kaliurang UNISI memiliki dimensi panjang rangka utama 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, dan tinggi 1,2 meter. Komponen penggerak tenaga dari baterai tipe GS-NS60 12 volt dengan arus 45Ah. Bobot mobil 140 kg. Sistem kemudinya sendiri rack and pinion yang dengan ukuran roda sepeda motor matic. Sistem penggerak gunakan dua buah motor BLDC @ 1kW dan penggerak roda belakang RWD gunakan differential elektronika.

” Dalam pembuatannya, kami juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan komponen-komponen yang kami butuhkan mengingat beberapa komponen harus di datangkan dari luar negeri, seperti baterai yang kami gunakan didatangkan dari Korea.” tutur Yanuar Anaba selaku Manajemen Tim.

Untuk performa Mobil Listrik Kaliurang UNISI yang dioperasikan melalui android dapat melaju dengan kecepatan 20km/h, dan memiliki ketahanan selama 4 jam penggunaan. Kemudian untuk proses charger kurang lebih 8-10 jam. Karena Mobil ini memang di buat bukan untuk kecepatan, tetapi mengandalkan teknologi.

Dalam segi biaya pembuatan Mobil Listrik Kaliurang UNISI setidaknya telah menghabiskan dana 50 Jt, dan melibatkan 50 orang yang terbagi dalam bagian masing-masing, seperti mekanik, programer, designer, maupun yang lainnya.

Prestasi Mobil Listrik Kaliurang UNISI

Mobil Listrik Kaliurang UNISI juga sudah pernah berkiprah di dunia International dengan mengikuti Formula Students Automotive Engineer Japan (FSAE Japan), Selain ajang tersebut, Mobil Listrik Kaliurang UNISI juga pernah mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Ke – VI di Bandung, Ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, dan yang pameran yang baru saja selesai digelar ini Pameran Otomotif Jogja 2015. Tentu Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Indonesia, karena karya tersebut adalah buatan asli dari anak Indonesia.

Semoga dengan prestasi dan jerih payah yang dilakukan Yanuar dan teman-temannya mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Pemerintah Indonesia agar terus bisa mengembangkan mobil listrik ini, dan bahkan sebagai pemicu agar generasi-generasi muda yang lainnya mampu membuat hal serupa, atau bahkan lebih bagus lagi.

Seperti kalimat yang dikutip dari Yanuar.

” Jangan sampai generasi-generasi Habibie yang lain hilang dari Indonesia, karena sebenarnya Bangsa Indonesia juga mampu bersaing di Dunia Internasional”

 Maju terus generasi muda indonesia dengan karya-karya hebatnya. (redaksi/komo)

Leave A Reply