Compare Android Auto dan Apple CarPlay

0

Pada artikel sebelumnya kita sudah mengetahui apa itu Android auto beserta feature yang ada di dalamnya, namun untuk artikel kali ini akan lebih seru dan menarik lagi, karena kita akan mengulasnya dengan produk serupa yang dimiliki oleh Apple yaitu Apple CarPlay. Dirilisnya Android Auto saat ajang Google I/O berlangsung membuat orang berspekulasi bahwa Google mengekor Apple. Android Auto dan Apple CarPlay sendiri merupakan fitur pengembangan dari OS keduanya yang dirancang khusus untuk memudahkan pengendara saat menyetir mobil.

Walapun keduanya memiliki konsep yang sama tetapi memiliki perbedaan yang menonjol, terutama ada User Interface pada keduanya, Kenali perbedaan Android Auto dan Apple CarPlay pada ulasan di bawah ini :

User Interface

Tampilan antarmuka Android Auto dan Apple CarPlay memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Android Auto hadir dengan UI yang mirip aplikasi Google Now layaknya pada perangkat smartphone android. Sedangkan Apple CarPlay lebih minimalis dan simpel dengan panel layar yang menampilkan icon khas iOS berukuran besar dengan shortcut menuju telepon, SMS, Apple Maps dan musik. Meski demikian, penggunaan keduanya hampir sama karena Android Auto dan Apple CarPlay kompatibel dengan tombol-tombol yang terdapat di dalam mobil.

Apple CarPlay

Maps

Android Auto atau Apple CarPlay sudah memiliki dukungan aplikasi GPS yang dimiliki platform masing-masing. Android Auto bersama Google Maps dan Apple CarPlay dengan Apple Maps turut hadir dan bisa langsung Anda gunakan melalui dashboard Anda. Selain digunakan sebagai peta digital saja, fitur ini juga dapat melakukan navigasi, menyusun rute dan memberikan estimasi jarak dan waktu yang akan ditempuh. Dalam segi akurasi pada Maps Data Google Maps lebih bisa diandalkan, Google yang saat ini memiliki banyak pegawai yang secara manual melakukan pemeliharaan data. Google juga sering sepertinya lebih serius menggarap peta digital miliknya karena merupakan lahan salah satu Google untuk mencari pemasukan. Hingga saat ini Apple bisa dikatakan belum bisa menyaingi  Sedangkan Apple melalui Apple Maps hanya sekedar fitur di dalam iOS saja. Meskipun tampilan Apple Maps sangat menarik.

Android Auto

Asisten perintah suara

Dalam segi suara Android hadir dengan Google Now, sementara Apple memiliki fitur Siri. Namun, fitur Siri masih belum bisa berjalan maksimal jika digunakan untuk beberapa negara karena belum adanya dukungan pada beberapa bahasa. Berbeda dengan Google Now yang dapat melakukan semua perintah dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan benar. Anda dapat memberi perintah seperti menentukan arah jalan, memutar musik, mencari kontak, hingga browsing internet.

Dukungan perangkat dan aplikasi pihak ketiga

Android Auto akan mendukung perangkat berbasis OS Android L yang jumlahnya tidak terhitung, sementara Apple CarPlay hanya sebatas pada iPhone 5, 5C dan 5S saja. Android Auto juga lebih unggul dari sektor aplikasi karena saat ini telah dilengkapi dengan 10 buah aplikasi Lifestyle dan kemungkinan akan terus bertambah. Bandingkan dengan Apple CarPlay yang hanya dilengkapi 6 aplikasi saja.

Kesimpulan

Dengan informasi dan ulasan yang sudah kita ketahui, setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, seperti interface yang dimiliki oleh Apple lebih simple dan mudah digunakan, namun dari sisi Maps Data, Google Maps lebih bisa diandalkan. Tentu sebagai pecinta dunia otomotif, kita harus memilih dengan bijak piranti yang akan kita gunakan dalam mobil kita. Agar dapat terlihat bagus namun juga memiliki fungsi yang kita butuhkan. Dan yang paling utama adalah semoga fitur-fitur canggih ini bisa segera hadir di mobil-mobil untuk pasar Indonesia.

Leave A Reply