Memilih Speaker Yang Terbaik Untuk Mobil Anda

0

Jika anda ingin mengupgrade atau meningkatkan kualitas speaker, mungkin artikel ini akan membantu untuk memilih speaker yang terbaik di mobil kesayangan anda, untuk mewujudkan hal itu, anda harus menentukan apakah mobil anda nantinya akan diisi dengan design Sound Quality atau hanya sebagai kenyamanan pendukung dalam mobil anda. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada pemilihan antara komponen yang akan dipakai, selain hal tersebut ada juga empat faktor utama untuk membantu untuk memilih terbaik yang sempurna.

Faktor-faktor tersebut adalah:
  • Ukuran
  • Sensitivity /  kepekaan
  • Power handling / penanganan daya
  • Build quality / Membangun Kualitas

Jika anda siap untuk mendapakan hasil terbaik dan kualitas terbaik tentunya juga harus menyiapkan anggaran yang cukup, atau anda bisa mempertimbangkan hal-hal lain dengan menyesuaikan kebutuhan anda, tapi pada dasarnya tetap empat faktor diatas akan membantu anda untuk menemukan speaker yang memilih speaker yang terbaik dengan sistem yang pas dengan mobil anda.
Speaker Coaxial vs Speaker Component ( Split )

Pendapat mengenai speaker komponen dibandingkan speaker coaxial memang bisa dibilang rumit, karena  memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam hal kualitas suara Speaker komponen memberikan suara yang lebih baik, tetapi harganya yang relatif mahal dibandingan dengan speaker coaxial. Speaker Fullrange juga lebih mudah dalam segi pemasangan atau instalasi, karena anda biasanya dapat menemukan pengganti aftermarket yang pengganti langsung untuk unit OEM.

Jika kualitas suara adalah faktor yang paling penting dalam proses pengambilan keputusan Anda, maka Anda harus mempertimbangkan speaker komponen. Jika tidak, speaker fullrange mungkin menjadi pilihan yang pas untuk anda, selain harganya yang relatif murah. Speaker lengkap juga merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda berencana instalasi DIY.

Ukuran dan Konfigurasi

Sebelum Anda mulai belanja untuk speaker baru, penting untuk anda mengetahui informasi tentang speaker yang sudah ada di mobil anda, dari segi ukuran maupun dimensi mobil.

Jika Anda berkomitmen penuh untuk mengganti semua perangkat, maka anda tinggal melepas speaker dan mengukurnya. Jika tidak tidak tahu spesifikasi speaker yang anda pakai, anda bisa membawanya ke toko yang menjual speaker untuk membantu anda untuk mencari tahu spesifikasi speakernya. Atau dengan cara menenjukan siapa nama pembuat, model, dan tahun kendaraan Anda, itu biasanya lebih simple untuk mencari ukuran dan konfigurasi speaker yang ada.

Speaker Power handling

Setelah Anda memiliki beberapa spesifikasi yang siap dikerjakan, Anda harus melihat Power handling / penanganan daya. Karena hal ini berpengaruh pada hasil maksimal dari sistem suara anda.

Power handling mengacu pada tingkat daya, yang diukur dalam watt, Pengukuran yang paling umum adalah  (RMS), Anda juga harus memastikan Power Handling RMS maksimum speaker.

Sensitivitas

Untuk mengetahui tingkat terbaik sensitivitas, Anda harus tahu berapa banyak daya head unit atau amp eksternal. Sensitivitas mengacu pada berapa banyak daya speaker diperlukan untuk mengeluarkan tingkat volume tertentu, dan speaker dengan sensitivitas yang lebih tinggi membutuhkan daya yang lebih kecil.Anda akan ingin mencari speaker yang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Di sisi lain, speaker yang memiliki tingkat rendah dari sensitivitas cenderung bekerja dengan amp eksternal bertenaga tinggi.

Membangun Kualitas Speaker

Salah satu alasan terbesar untuk meng-upgrade speaker dari pabrikan adalah membangun kualitas. Kebanyakan speaker OEM yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas relatif rendah yang cenderung menurun dari waktu ke waktu. Itu sebabnya hanya dengan upgrade speaker Anda dapat mendapatkan kualitas suara yang lebih tinggi.

Leave A Reply