Mudik Aman dengan Mobil Pribadi

0

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia sangat identik dengan budaya mudik atau pulang ke kampung halaman. Banyak orang akan berbondong-bondong dari pusat-pusat kota ke daerah asal. Jalanan yang biasanya normal akan berubah padat dan macet dimana-mana. Teman Club atau Komunitas tentunya sudah biasa dengan kondisi tersebut tiap tahunnya. Nah bagaimana sih agar Mudik Aman dengan Mobil Pribadi.

Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh tentunya hal inilah yang harus dilakukan. Cek ulang kondisi kendaraan anda. Jika perlu lakukan servis terlebih dahulu di bengkel langganan.

Kondisi Fisik

Setelah menyiapkan kendaraan jangan lupa tentunya kondisi fisik kita yang akan melakukan perjalanan pulang kampung. Perjalanan yang panjang dan melelahkan tentunya membutuhkan konsentrasi dan stamina yang prima.

Info Jalur Mudik

Banyaknya jalur jalan yang saat ini bisa anda lalui tentunya akan bisa memberikan alternatif pilihan jalur mana yang paling dekat namun tetap memiliki kondisi jalan yang bagus. Cari info mengenai jalur-jalur tersebut melalui berita-berita terbaru terutama mengenai kondisinya. Anda juga bisa langsung memantaunya dari website yang dimiliki RTTMC (Road Transport dan Traffic Managemen Center) di http://www.rttmc-hubdat.com/

Mudik Aman dengan Mobil PribadiSelain jarak yang dekat, kondisi jalan bagus, yang harus kita pikirkan juga adalah tingkat kepadatan kendaraan. Jika anda memiliki banyak pilihan waktu untuk mudik tentunya ini tidak menjadi masalah, anda bisa memilih waktu yang kondisi jalannya belum terlalu padat. Namun jika waktu perjalanan mudik anda terbatas maka anda harus pintar-pintar memilih jalur mudik.

Meskipun ada beberapa jalur alternatif yang belum banyak diketahui orang jangan terlalu berharap jalan akan benar-benar lengang dan sepi. Beberapa titik tetap tetap padat.

Seperti contohnya jalur mudik alternatif ke arah Jawa Tengah atau Yogyakarta dari arah Jakarta atau Jawa Barat melalui jalur selatan. Ada sebuah jalur alternatif setelah perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah melewati daerah Majenang bagian selatan, Kawunganten – Jeruk Legi – Cilacap – Kroya – Pantai Karangbolong – Kebumen bagian selatan – Purworejo bagian selatan – Congot – Bantul – Yogyakarta. Jalur alternatif ini sempit dan beberapa titik sekitaran pantai karangbolong menanjak dan tikungan tajam. Jadi pastikan kondisi kendaraan anda  memungkinkan untuk hal tersebut.

 

 

 

 

Leave A Reply