Sejarah Sedan Corolla dari Generasi Pertama

0

Mobil Sedan Corolla, siapa yang tak kenal dengan mobil sedan yang satu ini. Mobil yang dari generasi paling tua sampai terbaru tetap banyak diminati. Terkenal bermesin bandel, dan desain bodynya yang tetap sedap dipandang. Redaksi OtomotifClub mencoba mengulas perkembangan Sejarah Mobil Sedan Corolla ini dari generasi awal sampai generasi terbarunya berikut ini;

Sedan Corolla diperkenalkan tahun 1966, dan menjadi mobil terlaris di dunia sejak 1974, dengan penjualan lebih dari 40 juta unit hingga tahun 2013. Tahun 1997, Corolla menjadi model mobil terlaris sedunia melampaui Volkswagen Beetle pada saat itu. Corolla tidak hanya diproduksi di Jepang, tetapi juga di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Turki, serta Australia yang juga mengeluarkan model corolla yang penjualannya dipasarkan oleh nama besar Holden, sehingga bukan dengan brand Toyota tetapi digantikan oleh brand Holden. Tetapi Holden menjual seri Corolla ini hanya direntang periode tahun 90an. Corolla sendiri terbagi menjadi beberapa varian seperti Levin dan Sprinter. Tak hanya itu, Corolla pun hadir dalam tipe 2 pintu maupun 4 pintu, tergantung dengan regulasi tiap negara yang menjual Corolla. Corolla 4 pintu identik dengan model sedan dan station wagon, serta yang 2 pintu identik dengan hatcback atau liftback.

Sejarah Sedan Corolla dari Generasi ke Generasi

Sedan Corolla hadir pertama kali pada tahun 1966. Di luar Jepang, negara pertama yang mendapat Corolla adalah Australia. Sedan Corolla  dibekali mesin 2K 1100 cc dengan kode KE10 untuk Sedan, KE15 untuk Corolla Sprinter Coupe , atau KE16 untuk Corolla Station Wagon.

Sejarah Corolla dari Generasi Awal Hingga Sekarang

Corolla Sprinter Coupe (KE15)

Mengenal Corolla dari Generasi Awal Hingga Sekarang

Corolla Station Wagon

Generasi kedua pada tahun 1971-1974. Pada tahun ini Toyota sukses di seluruh dunia dengan model Toyota 20-series. Pada tahun 1972, diperkenalkan model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Corolla Levin menjuarai Press on Regardless Rally di Amerika, dan 1000 Lakes Rally di Finlandia..Corolla type ini yang pertama kali dijual di Indonesia dengan model sedan 4 pintu.

Mesin yang digunakan adalah 3K (1200 cc), 3K-B (1200 cc dengan 2 karburator), T (1400 cc), 2T (1600 cc), dan 2T-G (1600 cc DOHC) berkemampuan tinggi. Di Indonesia, Corolla generasi ini yang pertama kali dijual ke pasar dengan model sedan 4 pintu bermesin 1200cc dan transmisi 4 speed manual.

Sejarah Corolla dari Generasi Awal Hingga Sekarang

Toyota Corolla Coupe 1600 Levin (TE27)

Pada tahun 1974 terjadi krisis bahan bakar. Mengakibatkan banyak orang di Amerika pindah dari mobil Amerika yang bermesin besar ke mobil kecil yang lebih ekonomis. Hal ini tentu membuat Corolla sukses terjual dalam jumlah yang besar. Corolla Sedan, Hardtop, dan Wagon berbasis 30-series, Sprinter Sedan 40-series. Corolla dan Sprinter Sports Coupe dan Liftback berbasis 50-series. Semua model yang menggunakan mesin dengan emisi rendah mengalami penjualan yang pesat pada tahun itu.
Mengenal Corolla dari Generasi Awal Hingga Sekarang

Corolla Hardtop Coupe CS (KE35)

Toyota Corolla mengalami perubahan besar-besaran di 1980 atau generasi keempat. Toyota menyebutnya Toyota Corolla DX. Bodi Corolla DX mengusung desai kotak. Corolla DX menggunakan mesin 1.300 cc berpenggerak roda belakang dan diluncurkan Maret 1980. Di 1980, produksi Toyota Corolla DX menembus rekor tertinggi mencapai angka 2.346 unit di seluruh dunia. Generasi keempat Corolla ini dikembangkan sejak 1974 di bawah asuhan Chief Engineer Fumio Agetsuma dengan konsep kendaraan ekonomis, kabin nyaman dan lapang. Sedan berkode KE70 ini diperkernalkalkan di Jepang pada 1974. Corolla DX terus berevolusi, modle pertama DX memakai lampu bundar pada 1981, dan kemudian dilanjutkan perubahan pada lampu depan dan belakang pada 1982. Dipertengahan 1983, Corolla DX mengalami perubahan sangat signifikan pada bumper.

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Di Indonesia hanya tersedia dalam variant DX 4 pintu bermesin 1300 cc 4K. Platform generasi ini juga dipakai untuk Daihatsu Charmant. Corolla DX di Indonesia tahun 1980 memiliki 4 lampu depan yg berbentuk bulat, bumper masih menggunakan besi dengan karet di kedua ujungnya, pada tahun 1981 mengalami perubahan pada lampu depan jadi bentuk petak. Model tahun 1982 mempunyai perbedaan pada lampu sen depan yg melebar ke samping dan lampu belakang baru, sedangkan tahun 1983 Corolla DX hadir dengan tachometer dan bumper urethane yang panjang.

Setelah kematian Corolla DX, Toyota menghidupkan Corolla GL berpenggerak roda depan atau generasi ke-5. Berpindahnya dari roda gerak belakang ke depan cukup membuat konsumen kaget saat itu. Tapi Toyota mengakui hadirnya Corolla FWD agar lebih efisien, lebih nyaman dan lapang. Corolla GL menggunakan mesin 2A kapasitas 1.300 dikawinkan transmisi 5 percepatan manual. Pada 1985 Toyota menyegarkan Corolla GL. Saat itu mengusung mesin baru 2E 1.300 cc 12 valve.

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Usia Corolla GL tidak cukup lama sampai ada model baru Corolla generasi ke-6 yang dijuluki Corolla SE, SE Limited dan Liftback atau akrab disapa Corolla Twin Cam, karena teknologi mesin pertama Twin Cam dengan mesin 4A-f tersemat pada mobil ini. Model ini sudah menggunaka power steering, power window sehingga ditampuk sebagai sedan tercanggih di kelasnya. Tersedia 2 pilihan mesin yaitu mesin 1.300 cc yang tersedia pada Corolla SE dan mesin 1.600 cc hanya pada SE Limited dan model liftback. Pada 1990, Toyota Indonesia memperkenalkan Corolla GTi (Grand Touring injection). Mobil ini sudah menggunakan mesin 4A-GE yang cukup melegenda.

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Sumber : wikipedia

Sumber : wikipedia

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Great Corolla atau Greco yang memasuki generasi ke-7. Mobil masuk Indonesia pada Januari 1992. Great Corolla tersedia mesin 1.300 cc untuk Corolla SE dan mesin 1.600 untuk SE-G dengan varian mesin 2E yang sama dengan model sebelumnya.

sejarah great corolla

Hadirnya Great Corolla untuk mempertahankan kesuksesan Corolla Gl. Pada 1993, Great corolla facelift meluncur di Indonesia dengan perbedaan di bumper depan dan belakang. Greco menegaskan kalau Toyota mulai menyukai desain bulat dan sporty.

1992-1997

Sumber : wikipedia

Masa Geco berakhir dan digantikan dengan New Corolla dan All New Corolla pada 1996. Sedan ini disokong mesin kapasitas 1.600 cc, dengan kode mesin 4A-FE bertenaga 115 dk dan torsi 147 Nm. Antara New Corolla dan All New Corolla tak banyak perbedaan. Masa AE111 berakhir pada 1998 dan digantikan dengan AE112 (all new Corolla) dengan penampilan yang lebih segar menggunakan lampu cristal.

Sumber : wikipedia

Sumber : wikipedia

Corolla AE112

Sebagai sedan berkonsep elegan dan ekslusif All New Corolla akhirnya digantikan dengan Corolla Altis yang memasuki generasi ke-9. Sedan Corolla sudah mulai berubah bentuk hingga tampak lebih gambot dan lebar. Saat itu Corolla Altis menggunakan mesin 1.800 cc yan sebagai senjata baru Corolla. Perangkat safety melimpah di Corolla Altis salah satunya sistem keamanan ABS, serta cakram di keempat titik ban. Corolla Altis resmi masuk Indonesia pada Agustus 2001. Saat itu Corolla mulai menyasar kalangan menengah ke atas. Nama Altis sendiri  diambil dari nama altius berarti lebih tinggi.

Sumber : wikipedia

Sumber : wikipedia

Dan pada versi terakhir Toyota melansir Altis Limited Edition yang tampil lebih mewah. Sedan ini menggunakan leather seat, retractable mirro, bodi kit serta logo berlabur emas. Toyota mengeluarkan model baru Coroll Altis yang lebih maju dimana mesin 1.800 cc-nya sudah mengadopsi teknologi VVT-i dan drive by wire. Mobi ini masuk pada Desember 2004.

Tak berapa lama Toyota kembali menyegarkan Corolla dan disebut New Corolla Altis. Mesinnya sudah standar Euro2. Teknologi lainnya adalah function steering. Saat itu sedan Corolla Altis memasuki generasi ke-10. Tahun itu, sedan Corolla semakin menunjukkan sebagai sedan berkelas. Corolla menggunakan mesin 1ZZ-FE yang menggunakan inovasi berupa blok alumunium serta timing chain. Di Desember 2008 Toyota meluncurkan Altis 2.000 V bermesin 3ZR-FE 2.000 cc Dual VVT-i dengan tenaga 152 dk dan torsi 212 Nm. Sedan Corolla dilengkapi dengan paddle shift untuk mengatur transmisi 4 percepatan otomatis super ECT secara manual.

Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbersar di dunia Toyota Motor kembali memperkenalkan maha karya terbarunya lewat mobil sedan corolla. Corolla Altis merupakan versi terbaru dari sedan Corolla dan menggantian generasi lama dari Corolla. Mobil sedan Corolla versi lama pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966 dan pada era itu mobil ciptaan Toyota ini menjadi salah satu mobil sedan paling laris di dunia. Pada tahun 2013 ini Toyota ingin mengulang kesuksesannya dengan memperkenalkan versi terbaru Corolla Altis dengan harapan mobil ini mendapatkan reaksi yang positif dari para pecinta otomotif “penggemar mobil sedan khususnya”.

Sejarah Sedan Corolla

Sumber : wikipedia

Banyak negara menerima kehadiran mobil eksklusif ini sebelum diluncurkan di Indonesia. Sedan ini dilengkapi dengan desain yang mewah didefinisikan ulang dengan gaya yang memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa. Mobil sedan Corolla Altis memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Corolla versi lama dan memberikan tampilan yang sangat mengesankan. Toyota Corolla telah menjadi salah satu mobil dengan harga jual tinggi di dunia dengan penjualan produk lebih dari 30 juta pertahun. Para produsen mobil berharap bahwa sedan baru ini bisa membantu meningkatkan 10% pangsa pasar mobil yang berkembang pesat di Indonesia di penghujung tahun 2013 ini.

Corolla Altis ini sengaja diciptakan Toyota dengan berbagai varian, diantaranya yaitu: 1.8J, 1.8G, 1.8GL, 1.8VL dan 1.8G (CVT), Aero-Bensin LE dengan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin, Aero-Diesel, D-4D J, D-4D G dan D-4D G (L) dengan mesin yang menggunakan bahan bakar diesel. Altis adalah varian dari Corolla yang menggunakan dua mesin bensin 1.8L dan 1.4L diesel. Mesin 1.8L bensin lebih ditingkatkan dan memiliki tenaga yang kuat dibandingkan dengan pendahulunya. Mesin ini dilengkapi dengan Dual Variable Valve Timing dengan Intelligence (VVT-i) yang membagi-bagikan 131 bhp @ 6400 rpm dan torsi maksimum 173 Nm @ 4000 rpm. Toyota dual teknologi VVT-i mengoptimalkan valve timing dengan mengatur asupan udara dan exhaust timing untuk memberikan torsi kuat di rotasi mesin rendah dan mid-range. Mesin menghitung permintaan throttle dan menghasilkan torsi yang cukup besar selama lewat, jelajah, dan pemalasan, menjaga nominal konsumsi bahan bakar. Dual VVT-i teknologi memungkinkan untuk percepatan ekstra halus dan membuat mengemudi Altis sangat menyenangkan. Mesin diesel 1.4L yang baru diperkenalkan untuk Corolla adalah dicoba dan diuji dengan D-4D teknologi I-4 yang juga digunakan pada model Toyota Fortuner dan Innova. Mesin diesel 1.4L pompa keluar 87,1 bhp daya dan 205 Nm torsi. Dengan mesin ini Toyota mengklaim dapat memiringkan permainan ke samping dengan mesin kembali dengan angka ekonomis 21.45 kmpl.
 Sejarah Sedan Corolla
Power ditransfer ke roda depan dengan transmisi manual 6-speed yang halus untuk varian 1.8J, 1.8G dan 1.8GL. Sebuah transmisi otomatis 7-speed dengan super CVT sebagai standar untuk varian 1.8VL top-end dan 1.8G (CVT). Interior ergonomis dan tempat duduk memungkinkan pengguna tetap nyaman pada saat berkendara. McPherson Strut di depan dan Torsion beam suspensi belakang set-up memberikan peningkatan geometri dan eminensia pada Corolla Altis. Sedan ini dilengkapi dengan Electronic Power Steering (EPS) yang menawarkan handling yang efisien dan mudah pada setiap kecepatan tertentu.

Mesin & Styling

All New Corolla Altis 2015

Seperti kita lihat, pada bagian depan dan belakang Mobil sedan Corolla Altis hampir menyerupai desain mewah dari Toyota Camry dengan tampilan yang lebih sporty. Mobil Sedan Corolla terbaru dari Toyota ini terlihat lebih elegan dan canggih dengan gaya tradisional dan meresap. Memiliki tampilan yang lebih rendah dan lebih luas pada body yang memberikan stabilitas dan tingkat aerodinamis. Garis-garis dari depan ke belakang menonjolkan desain mobil sporty. Salah satu yang menarik mobil sedan corolla altis adalah mobil ini dilengkapi dengan trendy 15-inci, 7-spoke, velg yang memastikan mencengkeram, baik kinerja on-road, dan gaya yang trendi. Model top-end dari Corolla Altis (1.8VL) dilenglapi dengan fitur seperti mesin cuci headlamp, intensitas tinggi pada discharge (HID) lampu, auto dimming di dalam kaca spion, 8-way kursi didalam pengemudi adjustable dengan dukungan electric lumber support, dan cruise control.
Toyota selalu memiliki kabin yang menarik, kabin dari mobil sedan corolla altis memiliki karakteristik eye-catching, user-friendly, dan sangat luas. Interior yang dirancang ergonomis memberikan sensasi pengemudi dan penumpang dengan kenyamanan dan nuansa mewah yang lebih optimal. Kontrol audio steering wheel-mount dan MID memungkinkan pengemudi memiliki akses yang lebih mudah. Kursi penumpang belakang dapat dengan mudah mengoperasikan sistem audio menggunakan remote nirkabel.
 Fitur yang tersedia pada Corolla Altis termasuk daya ditarik luar rear-view mirror, batang luas, split 60/40 kursi lipat belakang untuk memungkinkan optimasi maksimum ruang penyimpanan, In-dash DVD 6.1 Audio layar sentuh dengan MP3/AM/FM/Aux –in kemampuan dan enam speaker, lampu HID otomatis dengan pencuci ditarik dan AC dengan heater.
Beberapa fitur keselamatan standar pada Toyota Corolla Altis termasukdidalamnya ventilasi rem cakram depan dan belakang dengan menggunakan Braking System Anti-lock (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Supplemental Restraint System (SRS) airbag untuk pengemudi dan penumpang dan lampu kabut yang berada di depan. Hal ini membuat berkendara dengan mobil sedan toyota semakin aman dan nyaman.

 

Leave A Reply