Sejarah VW Golf MK1 hingga MK7

0

Siapa yang tak kenal Volks Wagen (VW). Produsen asal JERMAN yang menjadi salah satu pusat dan tolak ukur produsen mobil Eropa yang tetap eksis hingga sekarang. Tercatat merk-merk seperti MINI, FIAT, PEUGEOUT, JAGUAR atau bahkan ketika membahas MERCEDES ataupun BMW yang memang terlahir dan memiliki perkembangan sejarah sangat panjang bersama VW.

Dalam bahasa Jerman Volks Wagen memiliki arti yakni Mobil Rakyat. Dengan membawa tagline Aus Liebe zum Automobil yang artinya kecintaan pada mobil, dan hingga sekarang berubah menjadi Dos Auto atau dalam bahasa inggris berarti THE CAR. VW didirikan oleh serikat buruh (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1973 di kota Wolfsburg Jerman. Kelahiranya saat itu sangat syarat dengan isu politik. Terlahir ditengah Perang Dunia dan pada saat itu Jerman merupakan negara yang besar dengan tokoh Nazi dan Hitler sebagai pemimpinnya.

Volks Wagen yang hingga kini tumbuh sangat melegenda mempunyai 3 mobil yang terdaftar sebagai 10 mobil paling laris sepanjang sejarah menurut situs web 24/7 Wall St yakni,  GolfBeetle, dan Passat. Dengan 3 mobil ini, maka VW tercatat memiliki mobil terbanyak yang hingga tahun sekarang ini masih diproduksi.

SEJARAH VW GOLF

Terlahir dengan merubah stigma konsumen terhadap VW pada saat itu, yang sudah sangat lekat dengan VW Beetle (kodok). Pertaruhan yang sangat besar dilakoni oleh Giorgetto Giugiaro seorang dsainer berkebangsaan Italya yang saat itu mengeluarkan design Golf Mk1.

Transisi dari VW Beetle ke VW Golf adalah revolusioner. Sebuah tata letak kendaraan baru diciptakan dengan konversi dari mesin belakang berpendingin udara menjadi mesin depan dengan berpendingin air, selain itu jika Beetle berpenggerak roda belakang Golf sudah mengaplikasi berpenggerak roda depan. Desain juga berubah secara dramatis, dengan desain boxy/kotak yang didesain oleh Giorgetto menggantikan bentuk bulat dari Beetle.

Golf Mk1/Rabbit (A1/Typ 17, 1974–1983)

Dengan desain yang lebih baik, Golf generasi kedua merupakan evolusi dari pendahulunya, tetapi secara teknis, mobil generasi kedua ini memperkenalkan sistem baru seperti catalytic converter terkontrol (1984), ABS (1986) dan all-wheel drive (1986). Semua generasi setelah MK2 telah mengikuti filosofi desain yang evolusioner, dan menetapkan landasan bagi pengembangan VW Golf yang berkelanjutan.

Golf Mk2 (A2/Typ 19E, 1983–1992)

Sebuah era baru keselamatan dimulai dengan pengenalan Golf generasi ketiga pada tahun 1991. Golf generasi ketiga adalah Golf pertama yang menawarkan airbag depan (1992) dan kemajuan besar di bidang manufaktur body mobil karena sudah memikirkan bagaimana menciptakan body mobil untuk meredam benturan saat kecelakaan. Mesin TDI pertama dari seri Golf juga diperkenalka.

Golf Mk3 (A3/Typ 1H, 1991–1999)

Dirancang di bawah pengawasan Hartmut Warkuß, Golf generasi keempat membawa styling tepat yang membuka jalan bagi masa depan VW. Dianggap sebagai pelopor untuk seri VW Golf modern oleh para ahli, Mk4 juga memperkenalkan teknologi baru seperti ESC (1998) dan gearbox kopling ganda (2002).

Golf Mk4 (A4/Typ 1J, 1997–2003)

Sebuah evolusi lebih lanjut dari Golf, Golf generasi kelima memiliki bodi yang dilas laser untuk meningkatkan kekakuan sebesar 35 persen. Hal ini juga membawa pertama Golf Model BlueMotion pada tahun 2007, yang memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 4,5 liter/100 km (52,3 mpg US).

Golf Mk5/Rabbit (A5/Typ 1K, 2003–2008)

Generasi keenam Golf masih menggunakan basis pada MK5, yang menyebabkan banyak analis untuk mengatakan bahwa itu adalah lebih dari sebuah facelift karena hampir semuanya baru. Namun, Golf VI highlights memperoleh rating bintang pada tes kecelakaan EuroNCAP, keunggulan mesin TSI yang merupakan konversi dari TDI ke sistem common rail membuat VW Golf tetap diminati. Golf BlueMotion kedua lebih meningkatkan ekonomi bahan bakar, mencapai 3,8 liter/100 km (61,9 mpg AS) di MK6.

Golf Mk6 (A6/Typ 5K, 2008–2012)

Golf generasi ketujuh memperkenalkan arsitektur modular yang semuanya baru sehingga membantunya mengurangi bobot hingga 100 kg, tergantung pada mesin – dengan Golf TDI BlueMotion menjadi Golf paling ekonomis yang pernah. MK7 juga merupakan Golf paling berteknologi kompleks yang pernah dibuat, membuat berbagai sistem keamanan termasuk PreCrash preventive occupant protection dan Automatic Post-Collision Braking System, sebuah teknologi yang biasa ada di mobil premium.

Golf Mk7 (A7/Typ –, 2013–)

Leave A Reply