Tahukan anda apa kelebihan dari mobil-mobil LCGC?

0

Beberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar istilah mobil murah kategori LCGC. Yups, tidak heran, sebab belakangan ini memang tengah gencar-gencarnya kampanye program LCGC yang digagas oleh pemerintah. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 5 jenis mobil yang turut berpartisipasi dalam program ini. Kelima jenis mobil tersebut setidaknya sudah memenuhi kriteria-kriteria yang disyaratkan agar sebuah mobil bisa menyandang predikat LCGC.

Apa kriteria yang disyaratkan pada mobil-mobil LCGC? Berdasarkan keterangan Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat yang dikutip dari website kemenperin, untuk motor bakar cetus api kapasitas 980-1200 cc dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara, sedangkan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas 1500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara. Spesifikasi lainnya yaoitu Reasearch Oktane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel. Diatur juga sala satunya mengenai harga jual mobil LGCC paling tinggi 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merk, namun dalam petunjuk teknisnya mengenai harga inidapat disesuaikan apanila terjadi perubahan pada kondisi atau indikator ekonomi lainnya.

Oleh sebab itu, tidak heran jika mobil yang dihasilkan akan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil non LCGC. Dan tentunya kelebihan-kelebihan dari mobil LCGC tersebut akan memanjakan para konsumen pastinya. Namun jangan lupa juga dengan nilai penjualan yang diminimalisir tentunya akan berpengaruh ke banyak hal.

Tahukan anda apa kelebihan dari mobil-mobil LCGC?

Nah, jika anda masih belum tahu apa saja kelebihan dari mobil-mobil LCGC, anda bisa melihatnya di bawah ini:

Kelebihan atau Keunggulan Mobil LCGC

1. Harga : Seperti salah satu yang telah disyaratkan bahwa mobil LCGC harus dibanderol dengan harga murah.

2. Irit Bahan Bakar : Selain harga, keiritan bahan bakar merupakan syarat lain yang harus dipenuhi oleh mobil LCGC. Penggunaan motor bakar cetus api kapasitas 980-1200 cc dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara, sedangkan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas 1500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara ini juga merupakan kelebihan atau keunggulan dari mobil ini (mobil LCGC). Jadi, dengan mobil LCGC ini kita bisa lebih menghemat biaya terutama masalah konsumsi bahan bakar minyak.

3. Ramah Lingkungan :  sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi, jadi sudah pasti mobil-mobil LCGC lebih ramah lingkungan jika dibanding dengan mobil lain yang non LCGC. Syarat penggunaan Reasearch Oktane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel, jadi dengan begitu konsumen juga turut berkonstribusi meminimalisir pemanasan global.

Selain memiliki berbagai kelebihan yang sebagian diuraikan diatas, tahukah anda jika mobil LCGC juga memiliki beberapa sisi minus yang menjadi kelemahan atau kekurangan dari mobil ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kelemahan atau kekurangan mobil LCGC:

Kelemahan atau Kekurangan mobil LCGC

1. Tenaga : Sebagian besar mobil-mobil LCGC dibekali dengan mesin berkapasitas sekitar 980-1200 cc dan 1500 untuk mesin diesel. Kapasitas tersebut tergolong kecil jika dibanding dengan kapasitas mesin mobil lain yang non LCGC. Jadi tidak heran jika tenaga atau power yang dihasilkan oleh mobil LCGC masih tergolong rendah jika dibanding tenaga atau power yang dihasilkan oleh mobil lain non LGCC.

2. Bobot : Hampir semua mobil LCGC memiliki bobot yang bisa dikatakan ringan. Kondisi tersebut tentu merupakan salah satu kelemahan atau kekurangan dari mobil ini. Sebab dengan bobot yang ringan, mobil akan terasa oleng ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi atau ketika berpapasan dengan kendaraan lain yang berukura besar seperti bus atapun truk.

3. Keberadaan Fitur Keselamatan Penumpang : Dengan menekan harga jual tentunya akan berimbas pada pengurangan berbagai fitur maupun material. Salah satunya adalah dengan pengurangan fitur keselamatan. Jadi tidak heran jika beberapa tipe terendah dari mobil-mobil LCGC tidak disertai dengan fitur-fitur keselamatan seperti Airbag ataupun Sistem pengereman ABS.

Dari berbagai kelemahan dan keungulan mobil berkategori LGCC ini maka semuanya kembali kepada pilihan konsumen untuk menyesuaikan bugjet dan kebutuhan akan kendaraan terutama mobil. Konsumen diharapkan lebih pintar untuk memilih, apalagi saat ini dengan banyaknya pilihan mobil dari berbagai ATPM.

Leave A Reply