Sekilas Teknologi Google Android Auto

1

Mendengar kata android, pasti tidak asing lagi di telinga kita Android adalah operating System yang cukup banyak dikenal oleh para pengguna Smartphone, beberapa bulan yang lalu Google baru saja mengenalkan Teknologi Google Android Auto pada Ajang Google I/O 20 Maret 2015.

Teknologi Google Android Auto khusus dipergunakan untuk automobile alias mobil. Android Auto sendiri merupakan project yang di mulai sejak 2014 yang diperkenalkan pertama kali di Ajang Google I/O 2014. Sejak pertamakali diluncurkan Google mengumumkan sudah ada 40 perusahaan otomotif yang bersedia bekerjasama.

Hyundai Tekhnologi Google Android Auto

Menurut Google, Android Auto ini akan ditanam pada mobil dengan user interface pada bagian dashboard mobil. Fungsi utama Android Auto ini adalah menghubungkan pengemudi dengan smartphone mereka saat mengemudi dengan aman. Pada dasarnya segala perintah dilakukan dengan cara berbicara kepada Android Auto ini dan aplikasi ini akan melakukan perintah yang disuruh dengan tepat dan cepat.

Teknologi Google Android Auto diperkirakan akan segera dirilis pada akhir tahun 2015 dan diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang sibuk mempergunakan smartphone mereka saat mengemudi. Produsen pertama yang mengadopsinya adalah Hyundai pada Sonata tahun 2015 dan Hyundai berencana memperluas sistem Android Auto pada mobil mereka yang lain pada akhir tahun ini.

Fitur-fitur yang ada pada Android Auto antara lain adalah peta digital, navigasi Google Maps, pesan teks dan juga Play Music. Selain itu Android Auto juga kompatibel dengan tombol-tombol yang ada pada dashboard dan juga stir pengemudi. Untuk bisa menikmati Android Auto tentu saja anda harus punya ponsel Android (versi OS 5.0/ Lollipop) dan sebuah head unit yang sudah punya fitur Android Auto.

Fitur Google Android Auto

Google mengatakan bahwa setidaknya ada 40 merek produsen mobil di dunia yang setuju untuk menggunakan sistem Google Android Auto ini, Beberapa pabrikan otomotif yang akan menggunakan sistem operasi android auto pada perangkat entertaimentnya antara lain: Wolkswagen, General Motors, Nissan, Renault, Audi, Subaru, Hyundai, Kia, Ford, Mazda, Suzuki, Honda, Volvo, Fiat dan Mitsubishi dan yang lainnya. Kita tunggu saja kehadiran fitur ini pada mobil-mobil yang mengaspal di Indonesia.

1 Comment

  1. Pingback: Compare Android Auto dan Apple CarPlay | Otomotif Club

Leave A Reply