Teknologi pada Chevrolet Captiva

0

Aman dan Nyaman. Hal itulah yang diinginkan setiap pengendara di jalan raya. Faktor keamanan di jalan raya tidak hanya ditentukan oleh pengemudi, tapi juga kondisi jalan raya dan kendaraannya sendiri. Berkendara di daerah perkotaan bukan berarti bebas hambatan sama sekali. Justru jalanan yang padat oleh kendaraan lain dan pejalan kaki harus selalu diwaspadai. Mobil yang baik adalah mobil yang mampu membantu Anda mengantisipasi segala halangan yang mungkin muncul di jalanan baik di perkotaan yang padat maupun di jalur luar kota dengan medan yang sulit.

Dengan kemajuan pesat teknologi di bidang otomotif yang ada saat ini, semuanya bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, aman, dan kemudahan berkendara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pabrikan Chevrolet dengan menerapkan teknologi traction control dan fitur four wheel drive pada New Chevrolet Captiva 2015.

“Fitur ini membuat driving ability menjadi lebih maksimal, karena bisa mengontrol kendaraan sesuai kondisi jalan. Perjalanan pun jadi lebih aman dan nyaman,” ujar Dadan Ramadhani, Direktur Customer Care GM Indonesia. Tujuan utamanya tentu untuk kepuasan konsumen.

Teknologi traction control berfungsi apabila sensor mendeteksi ada salah satu roda atau lebih yang berputar lebih cepat, maka sistem akan segera memerintahkan rem untuk segera aktif sehingga roda tersebut berputar dengan kecepatan yang sama seperti roda yang lainnya. Sensor terhubung ke electronic control unit (ECU) atau komputernya mobil.

Tekhnologi pada Chevrolet Captiva
Contoh mobil sedang berhenti ditanjakan dan roda belakang dibagian kanan terdapat tanah. Pada saat ingin kembali berjalan, mobil tersebut tidak dapat berjalan karena roda bagian belakang berputar berlebih karena jalanan licin. Lalu roda belakang bagian kiri tidak dapat berputar karena semua tenaga mengalir ke roda bagian kanan.
Selain Traction Control System, Chevrolet Captiva juga memiliki fitur keamanan yang lengkap. Mulai dari bodi kendaraan yang dibuat lebih kokoh untuk menahan tekanan sewaktu terjadi benturan, Curtain Airbag tercanggih yang diletakkan di sisi-sisi kabin, hingga Hi Power Pretensioner Safety Belt yang memberikan perlindungan kepada seluruh penumpang.
interior-dasbor-chevrolet-captiva-648x365
Untuk menghasilkan stabilitas yang prima, teknologi pada Chevrolet Captiva memiliki Prevention and Control Assistant System yang mengoperasikan 6 fungsi berbeda secara bersamaan. Saat menghindari rintangan, ARP (Active Rollover Protection) akan mencegah mobil terguling dengan mendistribusikan tenaga rem ke roda kiri depan. Saat terjadi rem mendadak, HBA (Hydraulic Brake Assist) akan aktif sebelum ABS (Anti-Lock Breaking System).
Asyiknya, Captiva juga dilengkapi system penggerak 4WD yang bisa secara otomatis menyesuaikan permukaan jalan yang dilalui atau disebut juga Active On Demand 4WD. “Jadi sistem 4WD secara elektronik akan diaktifkan sesuai kondisi permukaan jalan,” tambah Dadan.
Saat kondisi jalan normal, sistem ini akan memberikan perintah hanya untuk menggerakkan roda depan saja sehingga lebih hemat bahan bakar. Lain lagi jika menghadapi jalan yang terjal, licin ataupun berlumpur, sensor akan melapor ke ECU untuk mengaktifkan Active Coupling Differential (sistem pembeda kopling aktif) untuk membagi torsi ke roda belakang.
Untuk mengetahui lebih detail mengenai Chevrolet Captiva ini silahkan kunjungi www.chevrolet.co.id  atau hubungi Customer Assistance Center Chevrolet di 0800 10 24389 (CHEVY).

Leave A Reply